Selasa, 13 Desember 2011

5 Spot Diving Seru

1.Pulau Banda Naira (Ambon)
Dari kota Ambon menuju pulau Banda Naira harus menyebrang dengan menggunakan speed boat kecepatan tinggi yang menghabiskan waktu 5 jam. Kalau menggunakan kapal biasa, bisa menghabiskan waktu 8 sampai 10 jam. Dulu, banyak sekali rempah-rempah di pulau ini. Selain itu, di sekitar pulau ini adalah tempat pembuangan pejuang kemerdekaan, salah satunya adalah mendiang Mohammad Hatta. Merupakan salah satu laut terbersih dan terjerrnih. Pemandangan bawah lautnya juga keren. Terdapat hotel bintang lima, namanya hotel Maulana milik almarhum Des Alwi. Tadinya itu merupakan satu-satunya penginapan disana, tapi sekarang sudah ada home stay dan penginapan lainnya. Banyak orang yang pernah menginap di hotel Maulana, di antaranya almarhum Lady Diana dan Mick Jagger.



2.Pulau Derawan (Kalimantan Timur)
Perjalanan menuju pulau Derawan dari Kalimantan Timur lumayan panjang dan melelahkan. Jauhnya perjalanan nggak jauh beda dengan perjalanan menuju Banda Naira. Ada hotel murah disana. Semalam cuma Rp 180.000,-, nggak pakai AC. Banyak banget spesies yang dilindungi di sana. Misalnya, penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan lain-lain. Biasanya, kalau pakai paket wisata, bisa lanjut ke pulau Maratua, Kakaban dan Sangalaki. Ketiga tempat itu merupakan tempat konservasi penyu hijau. Di Kakaban, ada sebuah danau yang dipenuhi sama ubur-ubur, tapi nggak beracun.


3.Pulau Tulamben (Bali)
Di tempat ini banyak tersedia penginapan murah. Selain itu, ada kapal perang Amerika Serikat, USS Liberty Shipwreck yang karam di tempat ini. Di dalam lautnya terdapat banyak jenis ikan, di antaranya jack fish, neon, mola-mola, roditence, stringray, gorgonian, sea fans, dan ikan yang berukukuran dua meter, seperti napoleon ( cheilinus undulatus).


4.Pulau Nusa Penida (Bali)
Untuk pergi ke pulau Nusa Penida harus berangkat dari sanur dengan menggunakan speed boat. Hanya menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Cukup banyak orang yang tinggal di Nusa Penida. Jadi bukan pulau kosong. Tempat ini terkenal dengan kawasan selamnya, seperti Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, Malibu Point, Crystal Bay dan lain-lain. Saat bulan Juni sampai Oktober, di Crystal Bay biasanya muncul ikan mola-mola yang panjangnya bisa mencapai tiga meter.


5.Pulau Raja Ampat (Papua)
Menurut berbagai sumber, Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site. Untuk urusan kelengkapan flora dan fauna, bisa dikatan paling lengkap untuk saat ini. Kehidupan bawah lautnya benar-benar kaya. Ada 1104 jenis ikan, 669 jenis moluska (hewan lunak) dan 537 jenis hewan karang. Nggak cuma kegiatan menyelam saja yang bisa dilakukan disini, tapi hutan juga bisa dijelajahi. Keindahan bawah laut dan daratnya sama-sama indah dan alami.

1 komentar: